Sekeping Cerita Dua Anak Kembar (Review Novel Love Puzzle by Eva Sri Rahayu)

Judul Buku               : Love Puzzle
Penulis                       : Eva Sri Rahayulove puzzle
Penerbit                     : Teen@Noura
Terbit                         : 2013, Cetakan Pertama
Jumlah Halaman     : 281 Halaman
ISBN                           : 978-602-1606-04-9
Kategori                     : Novel Fiksi
Genre                          : Romance

Rasi memberi senyuman, tetapi cowok itu malah tidak mengacuhkannya.
“Raja?” sapa Rasi.
Sori?” Kening cowok itu berkerut.
“Kamu Raja, kan?” tanya Rasi lagi.
“Hmm, enggak usah sok kenal, deh,” balas Raja dingin.
Rasi melengkungkan bibirnya, cowok keren memang sering kena amnesia! “Enggak usah nyebelin gitu, deh. Kamu kan yang nanya-nanya soal fotografi di atap BIM kemarin? Kalau aku salah orang, biasa aja, deh.”
Raja merespon perkataannya dengan wajah kaget. Namun sedetik kemudian, ekspresi Raja kembali sinis. “Denger ya, aku enggak kenal kamu!” geram Raja penuh penekanan.

***

Y2014-02-15 09.27.57ap, itu adalah blurp dari novel Love Puzzle karya Eva Sri Rahayu, teteh cantik asal Bandung. Pertama kali melihat Love Puzzle, satu hal yang masuk ke kepala. “Sampulnnya keren banget!” Ini serius.

2014-02-15 09.28.26Sampul manis bergambar kamera dengan balon di bagian atas, plus gambar tiga orang—em, dua orang dan satu bayangan tepatnya—yang dibuat dua halaman dengan gambar berbeda bisa dikatakan unik. Terlebih, langit jingga di cover kedua, membuat novel ini makin menggoda iman. ^^

“Ketika seseorang meninggal, akan pergi ke manakah jiwanya?

Apakah akan menjadi salah satu bintang yang kita lihat di langit?

Ataukah tetap ada di sekeliling kita?” 

Tiga pertanyaan itu menjadi pembuka prolog Love Puzzle. Sebenarnya Teh Eva sudah memberikan clue yang sangat mewakili isi cerita, dengan pertanyaan-pertanyaan itu. Tapi percayalah, itu bukan berarti kita bisa langsung menebak cerita apa yang disajikan di buku bersampul abu-abu ini.

Saat mulai membaca, bahkan hingga berjalan setengah cerita, jujur aku belum belum menemukan satu kesimpulan pasti tentang peristiwa apa yang sebenarnya terjadi. Teh Eva sangat cerdas menyembunyikan masing-masing puzzle cerita di setiap bab. Puzzle-puzzle yang harus kukumpulkan dengan dengan membaca hingga akhir. Mencari tahu takdir macam apa yang dihadapi tokoh-tokoh di sana.

Novel ini bercerita tentang seorang gadis SMA bernama Rasi. Gadis ceria yang merupakan fotografer di klup mading-nya ini, bertemu cowok bernama Raja di atap BIM.  Cowok itu selalu membuat perasaan Rasi naik turun seperti roller coaster. Terkadang Raja membuat Rasi berbunga, namun tidak jarang membuat membuat gadis itu kesal setengah mati.

Sikap Raja pun kerap kali berubah drastis. Ekstrem malah. Raja bisa menjadi sangat lemah lembut dan jago sulap. Namun kadang berubah menjadi Raja yang galak, sinis, dan jago bermain basket. Rasi selalu dibuat bertanya-tanya dengan tingkah Raja yang kadang baik, kadang nyebelin. Raja benar-benar sepeti Puzzle bagi Rasi. Setiap tingkah cowok itu, seakan memiliki misteri tidak kunjung terjawab.

Yap, aku juga penasaran dengan sikap Raja sama kayak Rasi dan jatuh Cinta sama cowok aneh itu…^^ (Maaf curcol)

Lebih afdol, biar tahu gimana ringkasan ceritanya, meluncur ke booktrailer-nya aja nih…

Novel yang sebagian besar menggunakan POV 3 versi Rasi ini memang cukup membuat penasaran di setiap bab-nya. Penulis sukses membuat cerita yang membuatku ingin terus melanjutkan membaca cerita hingga akhir. Hoho…

Satu-satunya yang bikin aku agak kurang sreg hanyalah pembagian porsi tokoh yang menurutku tidak seimbang. Tokoh ini mengambil dari berbagai sisi para tokoh, yang sebagian besar di ambil Rasi. Tempat kedua ditempati Raja, sedang Ayara (Sahabat Rasi yang memiliki hubungan erat dengan Raja) hanya terjatah sedikit padahal perannya cukup berpengaruh. Apalagi teman-teman Rasi yang muncul di awal, mereka seakan musnah ditelan bumi…

Satu lagi, ada beberapa kejadian—yang dialami tokoh—yang menurutku berlebihan. Hehe… Tapi masih bisa ditolerir dan tidak terlalu mengganggu sih.

Yang jelas, semakin membaca lebih jauh, aku merasa seperti sedang dituntun Teh Eva menemui lorong demi lorong di labirin. Atau seperti mencari satu per satu puzzle yang masih acak. Love Puzzle good job!^^

Satu bagian yang paling kusuka dari Love Puzzle adalah kalimat ini : Dia bukan hantu, bukan  juga manusia. Dirinya hanyalah tubuh yang hidup tanpa tujuan dan impian, juga tanpa identitas. Sampai hari ini. (LP halaman 60)

Oh ya, sekedar ‘inpoh’ yah… Review ini diikutkan lomba Review Novel “Love Puzzle” Bersama Smartfren dan Noura Books. Info lengkap di sini.

Lomba ini dipersembahkan oleh :

andromax-t-300x250

http://www.smartfren.com/ina/home/

dan

bannerlovepuzzle1

www.noura.mizan.com

Semoga menang^^ hihi… aamiin.

Advertisements

2 thoughts on “Sekeping Cerita Dua Anak Kembar (Review Novel Love Puzzle by Eva Sri Rahayu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s